Tuesday, March 19, 2013

Ekonomi mikro







A. Pengertian Ilmu Ekonomi
     Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.
B. Sumber Daya
    Sumber daya atau faktor produksi merupakan benda atau peralatan yang tersedia yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia. 
Macam sumber daya meliputi sumber daya alam (tanah), tenaga kerja, modal, skill (keterampilan).
C. Hubungan antara masyarakat dan sumber daya langka
    Pengelolaan sumber daya yang dimiliki masyarakat penting karena sumber daya langka. Kelangkaan mengakibatkan pilihan dan mengakibatkan biaya.
Sedangkan, kelangkaan artinya kondisi dimana sumber daya yang ada itu terbatas dan kebutuhan masyarakat akan sumber daya tersebut tidak terbatas. Kelangkaan akan menimbulkan suatu pilihan dan pilihan akan menimbulkan biaya.
Opportunity cost (Biaya Peluang) adalah biaya yang dikorbankan untuk memperoleh suatu barang tertentu.
D. Sistem Ekonomi
     1. Sistem Ekonomi Pasar
   Merupakan sistem ekonomi dimana sumber daya yang tersedia, dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh masyarakat, pemerintah hanya sebagai fasilitator. Biasanya keputusan pemanfaatan sumber daya ditentukan oleh interaksi konsumen dan produsen di pasar (terjadinya mekanisme harga).
     2. Sistem Ekonomi Terpimpin
   Ciri khas dari sistem ekonomi ini adalah terdapatnya sentralisasi dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah pusat. Keputusan akan alokasi sumber daya berkaitan dengan apa yang akan diproduksi, bagaimana memproduksi dan bagaimana distribusi sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat.
      3. Sistem Ekonomi Campuran
    Merupakan sistem ekonomi dimana masyarakat bebas untuk menentukan alokasi sumber daya tapi pemerintah turut dalam mengawasi agar sistem ekonomi berjalan lebih baik. Dalam hal tertentu pemerintah bahkan ikut dalam memproduksi barang dan jasa melalui BUMN.
E. Teori Ekonomi Mikro
    Teori ekonomi mikro adalah studi mengenai perilaku ekonomi dalam unit pengambilan keputusan secara individu seperti konsumen, pemilik sumber daya dan perusahaan dalam perekonomian bebas.
Fungi teori ekonomi mikro adalah mempelajari arus barang dan jasa dari perusahaan ke rumah tangga dan arus jasa sumber daya ekonomi dari rumah tangga ke perusahaan.
F. Dua Model Ekonomi Dasar
    1. The Circular Flow Diagram




    2. The Production Possibilities Frontier



        => Kurva ini menunjukkan berbagai kombinasi dua produk yang dapat dihasilkan suatu perusahaan, asumsi terdapat 2 produk, asumsi teknologi tetap dan faktor produksi tetap.




Sumber: PPt Ekonomi Mikro oleh Bapak Elwisam 

No comments:

Post a Comment