Kita sering sekali bertanya-tanya apa saja sih rumus excel yang sering digunakan dalam perkantoran. Di sini kita akan membahas rumus-rumus excel yang paling banyak digunakan dalam administrasi perkantoran, dan rumus-rumus ini biasanya digunakan juga dalam test praktek komputer apabila kita melamar pekerjaan di bagian administrasi
Jadi sebelum test praktek komputer pada saat melamar pekerjaan , disarankan mengerti RUMUS-RUMUS DASAR EXCEL berikut ini :
loading...
Disini kita akan membahas secara singkat RUMUS-RUMUS DASAR EXCEL.
1. VLOOKUP : Rumus yang Digunakan Untuk Membaca Data Secara Vertikal.
2. SUMIF : Cara penjumlahan bersyarat atau menjumlahkan data dengan kriteria tertentu pada microsoft excel.
3. IF : Digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara “salah” atau “benar”.
4. SUBTOTAL : Rumus Untuk Mengetahui Jumlah Total Data, Berbeda dengan SUM , Rumus SUBTOTAL bisa otomatis menjumlah pada saat data di Filter.
5. HLOOKUP : Rumus yang Digunakan Untuk Membaca Data Secara Horizontal.
Kali ini kita akan mencontohkan penggunaan satu per satu RUMUS-RUMUS diatas :
A. Contoh Penggunaan Rumus VLOOKUP :
1. Pertama kita lihat DATA UTAMA yang mencakup semua data.
2. Kedua kita lihat data yang disuruh mencari berdasarkan DATA UTAMA , Menggunakan Rumus sangat penting apabila data berjumlah banyak.
Kita akan mengisi KOLOM Olahraga Yang Diikuti (Kolom Kuning), Rumus yang tepat kita gunakan adalah VLOOKUP :
Tempatkan kursor pada data yang mau di isi (Kolom M7), Klik Fx (Kolom Fungsi) pada excel pilih VLOOKUP, Tekan OK
Maka akan tampil seperti berikut :
Kita akan disuruh mengisi 4 kolom function Arguments
Lookup_value : Data Kunci / Data Spesifik yang bersifat data tunggal (Kode Peserta) Kolom K7
Table_array : Diisi Table Data Utama dimulai dari Kolom D5 (Kode Peserta) Sampai Kolom G14 (Drag kursor akan tambil garis putus-putus)
Col_index_num : Diisi Nomer Kolom Hasil Jawaban ( 3)
Range_lookup : Ketik False (nilai kebenaran yang digunakan oleh fungsi logika dan pengujian menggunakan operator aritmatika pada Microsoft Excel.) False ( Hasil Sama Persis dengan DATA UTAMA).
Kemudian Tekan OK atau Enter , Maka Akan Muncul Hasilnya Sebagai Berikut :
Setelah Itu Drag Sampai Kolom Bawah atau Blog Kolom (Dari Atas Ke Kolom Bawah yang mau dicari jawabannya) dan Klik CTRL + D
Dan Sudah Terlihat Hasilnya. Sekian Semoga Bermanfaat Untuk Pembahasan Berikutnya yaitu RUMUS SUMIF akan dibahas di sesion selanjutnya : Mengenal Rumus Dasar Excel Yang Sering Digunakan dalam Perkantoran (Bagian 2 : SUMIF)
loading...
Semoga Bermanfaat.
No comments:
Post a Comment