Thursday, February 28, 2019

Mengenal Rumus Dasar Excel Yang Sering Digunakan dalam Perkantoran (Bagian 1 : VLOOKUP)


Kita sering sekali bertanya-tanya apa saja sih rumus excel yang sering digunakan dalam perkantoran. Di sini kita akan membahas rumus-rumus excel yang paling banyak digunakan dalam administrasi perkantoran, dan rumus-rumus ini biasanya digunakan juga dalam test praktek komputer apabila kita melamar pekerjaan di bagian administrasi
Jadi sebelum test praktek komputer pada saat melamar pekerjaan , disarankan mengerti RUMUS-RUMUS DASAR EXCEL berikut ini :

loading...


Disini kita akan membahas secara singkat RUMUS-RUMUS DASAR EXCEL.


1. VLOOKUP : Rumus yang Digunakan Untuk Membaca Data Secara Vertikal.
2. SUMIF : Cara penjumlahan bersyarat atau menjumlahkan data dengan kriteria tertentu pada microsoft excel.
3. IF : Digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara “salah” atau “benar”.
4. SUBTOTAL : Rumus Untuk Mengetahui Jumlah Total Data, Berbeda dengan SUM , Rumus SUBTOTAL bisa otomatis menjumlah pada saat data di Filter.
5. HLOOKUP : Rumus yang Digunakan Untuk Membaca Data Secara Horizontal.


Kali ini kita akan mencontohkan penggunaan satu per satu RUMUS-RUMUS diatas :

A. Contoh Penggunaan Rumus VLOOKUP :

1. Pertama kita lihat DATA UTAMA yang mencakup semua data.




2. Kedua kita lihat data yang disuruh mencari berdasarkan DATA UTAMA , Menggunakan Rumus sangat penting apabila data berjumlah banyak.




Kita akan mengisi KOLOM Olahraga Yang Diikuti (Kolom Kuning), Rumus yang tepat kita gunakan adalah VLOOKUP :

Tempatkan kursor pada data yang mau di isi (Kolom M7), Klik Fx (Kolom Fungsi) pada excel pilih VLOOKUP, Tekan OK



Maka akan tampil seperti berikut :



Kita akan disuruh mengisi 4 kolom function Arguments

Lookup_value : Data Kunci / Data Spesifik yang bersifat data tunggal (Kode Peserta) Kolom K7



Table_array : Diisi Table Data Utama dimulai dari Kolom D5 (Kode Peserta) Sampai Kolom G14 (Drag kursor akan tambil garis putus-putus)




Col_index_num : Diisi Nomer Kolom Hasil Jawaban ( 3)




Range_lookup : Ketik False (nilai kebenaran yang digunakan oleh fungsi logika dan pengujian menggunakan operator aritmatika pada Microsoft Excel.) False ( Hasil Sama Persis dengan DATA UTAMA).





Kemudian Tekan OK atau Enter , Maka Akan Muncul Hasilnya Sebagai Berikut :



Setelah Itu Drag Sampai Kolom Bawah atau Blog Kolom (Dari Atas Ke Kolom Bawah yang mau dicari jawabannya) dan Klik CTRL + D




Dan Sudah Terlihat Hasilnya. Sekian Semoga Bermanfaat Untuk Pembahasan Berikutnya yaitu RUMUS SUMIF akan dibahas di sesion selanjutnya : Mengenal Rumus Dasar Excel Yang Sering Digunakan dalam Perkantoran (Bagian 2 : SUMIF)

loading...

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment