Friday, May 3, 2019

Penyebab HP Lambat/Lemot (Samsung J7 Prime) Sedangkan Memori Internal Masih Banyak Ruang Tersisa


loading...



Di postingan kali ini saya akan mengeshare sedikit pengalaman saya tentang : Penyebab HP Samsung J7 Prime Lambat/lemot ( loading lama) Sedangkan Memori Internal Masih Banyak Ruang Tersisa. Contoh kasus kali ini HP Samsung J7 Prime dengan memori internal 32 giga byte dan RAM 3 giga byte.




Memang Sangat Membingungkan Ketika Memori Masih Tersisa Banyak Sedangkan HP Sangat Lemot dan Muncul Peringatan Sistem Bahwa Memori HP Penuh.

Penyebabnya Antara Lain :

1. Kita Banyak Menyimpan File Data (Vidio, MP3,Foto, dll)

Penyebab HP Lemot adalah banyaknya kita menyimpan file. Sebaiknya kita sering mengecek dan menghapus file data yang tidak perlu. Di Whatsapp ketika setiap kita mengirim gambar ataupun vidio maka otomatis gambar atau vidio tersebut terbackup di folder aplikasi Whatsappp -> Media -> WhatsApp Images/ WhatsApp Video -> Folder Sent.
Apabila data file dianggap tidak perlu maka tiap berkala dapat kita hapus agar file data kita tidak double dan dapat meringankan memori kita.

2. Ada Aplikasi Yang Memakan Memory Internal dan RAM (Random Acces Memory)

Biasanya aplikasi yang membutuhkan memory internal dan RAM cukup banyak adalah aplikasi yang menampilkan gambar bergerak atau aplikasi yang auto detect berjalan seperti CM Security. CM Security adalah aplikasi antivirus yang dipuji karena kemudahan penggunaannya. Ini dilengkapi dengan mesin anti-malware yang sangat baik , fitur panggilan memblokir, dan link ke bersihkan sehingga anda dapat menghapus file yang tidak perlu dari Android Anda. Karena banyak fitur , otomatis memori yang dibutuhkanpun juga banyak. Aplikasi lain yang menambah kerja RAM antara lain Go Clock , Go Theme , dll. Aplikasi yang memakan RAM sebenarnya bisa kita cermati lewat tampilan aplikasi (ada gambar bergerak) dan aplikasi yang auto detect (Otomatis tampil / Berjalan Seperti antivirus).

Kita dapat mengecek memori internal yang dibutuhkan di setiap aplikasi dengan cara :

A. Klik Pengaturan -> Pilih Aplikasi -> Pilih Aplikasi Yang Diinginkan




(Contoh : Pilih Chrome)
B. Kemudian Klik Penyimpanan



C. Maka Akan Muncul Memory Yang Dipakai Untuk Aplikasi Ini



D. Memori Cache bisa kita hapus untuk membersihkan sampah (Cache : File sampah ketika kita browsing menggunakan aplikasi tersebut)





Kita dapat mengecek RAM yang dibutuhkan di setiap aplikasi dengan cara : 

- Klik Pengaturan -> Pilih Aplikasi -> Pilih Aplikasi Yang Diinginkan -> Pilih Memori




- Maka Akan Muncul memori RAM yang digunakan untuk menjalankan Aplikasi tersebut.




Dengan melihat satu-persatu aplikasi maka akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan memori internal dan memori RAM yang banyak. Apabila ada aplikasi yang menurut anda memakan banyak memori dan jarang sekali dipakai alangkah baiknya di uninstall saja agar beban memory menjadi ringan dan HP normal kembali.

“ Selamat Membaca Semoga Bermanfaat “




No comments:

Post a Comment