Sunday, March 3, 2019

Mengenal Rumus Dasar Excel Yang Sering Digunakan dalam Perkantoran (Bagian 2 : SUMIF)


Di postingan kali ini kita akan membahas tentang penggunaan salah satu rumus DASAR EXCEL yaitu SUMIF , postingan ini bagian kedua setelah bagian pertama kemaren kita membahas rumus VLOOKUP. Sebelum kita bahas lebih lanjut agar tidak lupa ,,,,,!!!




Apa sih rumus SUMIF itu ?

SUMIF : Cara penjumlahan bersyarat atau menjumlahkan data dengan kriteria tertentu pada microsoft excel.

Biar Lebih Jelas Mari Kita Simak Lebih Lanjut dengan Contoh Soal Berikut :




Dari contoh soal diatas kita dapat lihat Daftar Nilai 5 peserta ujian nasional dengan 3 nilai MAPEL masing - masing. Dan kita disuruh mencari total nilai 3 peserta ujian nasional !!

Pertama Tempatkan kursor pada kolom M9 (Seperti gambar diatas) , Lalu Klik Kiri Fungsi fx , Maka akan tampil seperti berikut :



Pilih SUMIF lalu Klik OK/Enter




Kita akan diminta mengisi 3 Function Arguments

A. Range : Di isi semua data kunci (Kolom D/Kode Peserta) pada DATA UTAMA dengan cara sort kolom D maka akan tampil garis putus - putus.




B. Criteria : Di isi data kunci pada DATA PERTANYAAN dengan cara klik kolom K9 maka akan tampil garis putus - putus seperti berikut.




C. Sum_range : Di isi semua data Nilai (Kolom G/Kolom Nilai) pada DATA UTAMA dengan cara sort kolom G maka akan tampil garis putus - putus seperti gambar berikut :




Setelah itu Klik OK atau Tekan Enter, maka Hasil Akan Muncul .




Setelah Itu Drag Sampai Kolom Bawah atau Blog Kolom (Dari Atas Ke Kolom Bawah yang mau dicari jawabannya) dan Klik CTRL + D



Dan Sudah Terlihat Hasilnya. 

Sekian Semoga Bermanfaat Untuk Pembahasan Berikutnya yaitu RUMUS IF akan dibahas di sesion selanjutnya : Mengenal Rumus Dasar Excel Yang Sering Digunakan dalam Perkantoran (Bagian 3 : IF).


Semoga Bermanfaat.

Google Ads :






No comments:

Post a Comment